Skip to content

Hanya dua hari saja…

August 20, 2013

Hanya dua hari saja Allah sudah menguji…
Dua hari saja godaan menghampiri…
Melalui lidah-lidah yang semoga Allah ampunkan…
Melalui julukan-julukan yang semoga Allah kabulkan…

Julukan yang tentunya berbuah kebaikan bukan kemungkaran, tetapi Allah menunjukkan keistimewaan.. ya, keistimewaan seorang perempuan tampil berbeda. Perbedaan tampil percaya diri dengan perkara-perkara yang Allah sukai, bukan.. bukan ingin marah tapi justru ingin berterima kasih. Mungkin Allah sedang mengujinya, mungkin Allah ingin menengok pertahanannya, atau mungkin Allah sedang menambah keimanannya. Wallahu’alam..

Bukan perkara mudah menerima celotehan-celotehan yang menghujam, bukan perkara mudah mengikhlaskan yang telah terucap, dan bukan perkara mudah menutup telinga akan sebuah ucapan yang tidak diharapkan.
Inilah saatnya! keistiqomahan sedang diuji, keyakinan digoyahkan, dan aqidah dipertaruhkan! Dalam hati, ‘Allah, aku merasa istimewa.’ Beginikah caraMu melindungiku dari hantaman mata lelaki yang tidak bertanggung jawab? Seperti inikah dahsyatnya keistiqomahan yang patut untuk diperjuangkan? Sekali lagi, ‘Allah, aku merasa istimewa.’

Dua hari saja…
Pertemuan singkat dalam momen yang berbeda, momen suka dan duka. Dua hari saja… terasa sekali sesaknya!
Dengan orang-orang yang berbeda situasi yang berbeda dan kondisi yang berbeda, memang sudah lama tak jumpa dan tatap muka. Dan inilah aku hari ini! dengan busana yang mungkin tampak aneh mereka melihatnya, dengan perlakuan yang berbeda, atau bahkan angkat bicara pun aneh dipandangnya. Tidak penting! aku fikir tidak penting mengingat-ngingatnya, tapi Allah menyapanya dengan lembut :). Dia biarkan waktuku habis untuk pertemuan dua hari singkat di bulan suci ini.. melatih diri kembali berada pada lingkungan yang dulu pernahku sapa.. pertanyaannya adalah apakah aku bertahan atau kembali setelah ini?! Rasanya rugi sekali kembali pada masa itu!

Tidak mudah memang berubah dan menempatkan diri pada situasi yang berbeda, perlu perjuangan! Godaan tidak akan pernah surut, ya. Tidak akan pernah surut.
Ah! untuk apa difikirkan, Allah tau apa terbaik, Allah tau apa yang membuatku merasa terlindungi, dan Allah pasti menjaganya. Karena perintah-perintahNya itu adalah untuk memuliakan bukan menjatuhkan. Karena cantik di mata manusia adalah nihil nilainya dibandingkan cantik hanya karena Allah.

Dua hari cukup menguji telinga, hati, dan pertahanan diri. Pertahanan yang harus dipertahankan, keistimewaan yang harus pertaruhkan.

#Reminder!Mimpikku saat ini adalah berhijrah menjadi lebih baik dan berusaha menularkan apa yang menjadi kewajiban seorang muslimah, bukan untuk sanjungan, tapi untuk kesadaran pertahanan :’)

Merah Merona Wajah Si COPET! :p

August 20, 2013

Bismillahirrahmanirrahiim..Semoga tulisan ini bermanfaat, bukan tulisannya si lebih kepada pengalamannya 😀

Dua hari yang lalu, ketika saya dalam perjalanan menuju lokasi buka puasa bersama teman-teman SMK, Allah mempertemukan saya dengan seorang lelaki dengan perawakannya yang tidak begitu tua juga tidak lagi muda, ia berkulit putih dan saya perhatikan terdapat tanda hitam di bagian bawah mata sebelah kanannya. Lho, ko hafal banget? [gimana ngga hafal, udah tiga kali ini seangkot sama saya!]

Kira-kira tiga menit setelah saya naik ke dalam angkot, lelaki itu naik dengan berpenampilan rapi tidak lupa dengan tas hitamnya yang terlihat kosong tidak berisikan apa-apa, layaknya orang yang baru pulang dari kantor. Ketika itu ada tiga orang penumpang di dalamnya salah satunya yaitu saya, bersama satu orang laki-laki ia sepertinya pedagang karena ada barang dagangannya di letakkan dibawah kakinya dan yang satunya lagi seorang wanita setengah baya yang ternyata bisu, entah bagaimana nantinya ia berteriak ‘kiri’ untuk memberhentikan angkot pada sang supir!
Posisi si wanita setengah baya itu berada di sebelah kanan saya kami duduk di kursi yang untuk empat orang penumpang, dan si pedagang yang tenang itu duduk persis dihadapan saya. Kebetulan jarak yang saya tempuh tidak terlalu jauh, maka saya putuskan untuk duduk di dekat pintu menghadap ke arah depan membelakangi wanita setengah baya tersebut. Dan pada saat itu, lelaki yang baru saja naik dengan menggunakan topi hitam, memakai kemeja kotak-kotak dengan dilapisi jaket hitam. Penampilannya sangat rapi, siapa sangka bahwa ia seorang copet!

Dari pertama kali si copet itu naik, wah saya sudah mengenal wajahnya! Dalam hati, ‘ini orang yang pernah melototin saya dan berusaha menahan saya untuk turun dari angkot supaya aksinya berhasil beberapa waktu yang lalu’ (tapi Allah masih melindungi). Naaah, dari sinilah wajah si copet merah merona, entah merah merona karena senang bertemu dengan saya lagi atau kesal berada dalam satu angkot lagi hihihi :D. Selama di dalam angkot saya sudah waspada karena lirikannya itu lhooo, saya peluk tas saya dan si copet malah lebih dalam memperhatikan, ketika itu suara handphone berbunyi ternyata ada sms masuk. Saya bukalah sms secara perlahan sambil lirik si copet yang merah merona itu, tatapannya semakin dalam dahinya mengerut sepertinya dia kecewa pemirsa! karena handphone yang saya punya adalah bukan handphone yang cukup canggih dan tentunya bukan sasarannya untuk bisa dicopet! jika dijual pun mungkin hanya bisa dia belikan gorengan untuk menu berbuka puasa :D. Dalam kondisi seperti ini, Allah menolongku lagi.
Beberapa saat kemudian setelah saya membalas sms dari teman saya, si copet semakin gelisah, karena apa? karena di samping kanannya pedagang tenang itu tidak membawa tas hanya dagangannya saja tergelatak di bawah kakinya, kemudian di samping kanan saya wanita setengah baya itu tidak membawa apa-apa hanya ongkos yang ia pegang. So, aksinya belum jua berhasil! mau berbuat apa dengan space duduk yang tidak memungkinkan untuk beraksi.

Rasa takut, risih, deg-degan itu bercampur aduk!
Akhirnya, saya hilangkan rasa takut, saya lirik berkali-kali dan dibalas pandangan kesal karena mungkin si copet tau kalau saya sudah mengenalinya. Perlahan saya tengok kepala saya, matanya masih terjaga dengan tatapan marah! Ah, seperti perang dingin.

Akhirnya… dengan jarak tempuh yang sangat pendek si copet itu berteriak ‘kiriiii’ dengan nada yang cukup tinggi dan kesal. Saya ambil ancang-ancang untuk sedikit mundur dari pintu menghindari sekaligus mempersilahkan si copet berwajah merah merona itu turun dari angkot yang saya tumpangi. Aaaarrggghhh!! benar saja, kaki kanan saya diinjak dengan sekuat tenaga ketika si copet hendak turun! Astagfirullah… menyembunyikan rasa kesal akibat diinjak itu sulit. Sakit. Sambil si copet memberikan uang dan menunggu kembalian dari si supir matanya yang kesal masih saja mengarah pada saya dengan wajah merah morananya. Saya pelototi balik. Saya berani karena saya masih menggunakan masker hehe (semoga si copet lupa jika berjumpa dengan saya lagi). Astagfirullah… berharap tidak dipertemukan kembali dengan lelaki berwajah merah morana karena gagal menjalankan aksinya! copet.. copeeet..

Beberapa saat si copet turun, wanita setengah baya itu kemudian mencolek saya, saya bertanya “Ibu tau siapa dia?” ia hanya membalas dengan telunjuknya yang mengarah pada tempat duduk si copet tadi. Sekali lagi saya bertanya, “Ibu tau kenapa dia menginjak kaki saya? sekali lagi ia hanya membalas dengan anggukan. MasyaAllah.. entah apa yang ingin ia sampaikan terhadap saya. Namun, sepertinya ia juga ingin mengatakan “orang itu memang dari tadi memperhatikan kamu!” sambil menunjuk-nunjuk bekas tempat duduk si copet dan melanjutkan telunjuknya terhadap saya. Wallahu’alam..
Dari situ saya tau tidak ada satu kata pun yang ia ucapkan, ternyata ia bisu. Ya Allah, semoga Engkau merahmatinya, lindungi beliau, berkahilah umurnya. Aamiin 😥

*Pada awalnya saya berusaha husnudzon, mengabaikan anggapan bahwa bukan lelaki itu yang pernah saya temui dua kali di dalam angkot 08 arah Bogor beberapa waktu lampau.
Tapi memang si copet mencurigakkan dengan gerik-geriknya! alhasil, saya berfikir bahwa itu copet, saya mengenali wajahnya, saya tau gerak-gerik dan modusnya, dan atribut yang dia bawa adalah tas hitam tidak berisi apa-apa (semoga tidak ada benda tajam di dalamnya).

Apa-apa yang saya alami dalam perjalanan berangkat maupun pulang seperti memberikan pesan tersendiri agar terus waspada dan selalu berhati-hati. Bukan satu atau dua kali hal ini terjadi, tapi Engkau masih melindungiku.

Selalu ingat Allah. Berdzikir tanpa lepas. Mengingat-NYA selama bernafas. Ya Allah, terima kasih atas pertolonganMU ini :’)

Afwan bila ada yang merasa *eh 🙂
Semoga kita bisa lebih berhati-hati dimanapun, kapanpun, dalam kondisi apapun.
Allahu Akbar!!!

Ketan Serundeng

January 10, 2013

          Berawal dari mamaku yang suka bikin-bikin makanan tradisional, tapi yang paling favorit buat aku itu adalah “Sticky rice balls with spicy grated coconut” alias “Ketan serundeng”, karena rasanya yang enak juga pas untuk lidah Indonesia termasuk saya. hehe 😀 Naaah, setiap ada kesempatan kumpul-kumpul sama teman, ngaji, dan lain-lain saya sengaja bawa makanan tradisional ini untuk berbagi sekaligus promosi tentunya hihiii :), tapi ternyata banyak yang ketagihan dan tertarik untuk mencicipinya lagi senangnya hatikuuuu hihihii. Dan kali ketika saya sedang melaksanakan OJT yang kepanjangannya itu On The Job Training kata lainnya adalah Prakerin, saya bawa ketan serundeng pedas itu ke kantor dan ternyata sebagian besar suka dengan rasa ketan serundeng pedas buatan mamaku sekalian promosi juga kan ngga dosa yaa :). Alhamdulillah.. jadi setiap pagi saya bawa deh ke kantor sarapan karyawan, lumayan bantuin mamaku dagang. hehe 😀

       Hayooo siapa yang mau peseeeen bisa hubungin aku sekarang juga, lumayan lho buat tentengan ketika silaturahmi, arisan, ke sekolah, dan ke kantor, dll. Disamping untuk obat penunda laper juga ketan juga memiliki kandungan protein yang tinggi lho,

          Niiih bisa dilihat gambarannya seperti dibawah ini

ketaaan2

Komposisi :
1. Beras ketan
2. Cabe merah yang sudah digoreng
3. Bawang putih yang sudah digoreng
4. Gula putih
5. Gula merah
6. Kelapa parut yang sudah disangrai

Kira-kira seperti itu komposisi ketan serundeng ala mamaku 🙂

Aku juga masih harus belajar banyak dari mamaku soal masakan tradisional. hehe

ketaaaan

Terima pesanan untuk acara :
– Pernikahan
– Ulang tahun
– Arisan
– Syukuran
– Piknik
– dll

Ongkos kirim sesuai jarak lokasinya yah 🙂

Silahkan hubungi untuk pemesanan
08561964440 atau
085710729349

Terima kasih 🙂

Butuh Jasa Pengetikan?

December 19, 2012

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sekarang ini padatnya jadwal sulit untuk anda membagi waktu untuk sekedar mengerjakan pekerjaan yang menyita waktu, contoh misalnya mengetik dokumen mulai dari proposal, skripsi, tugas-tugas kantor, dan lain-lain. Ini alasan saya untuk menyediakan jasa pengetikan untuk anda yang memiliki jadwal yang padat dan tidak sempat berlama-lama didepan komputer.

Image

Dokumen/materi bisa dikirim via email dalam bentuk scan atau bisa kami antar/jemput khusus diwilayah Bogor mulai dari Senin-Jumat setelah jam 18.00WIB, dan Sabtu-Minggu sekitar jam 08.00 – 16.00WIB

Silahkan dilihat daftar harganya:

( Text only )

– per lembar Rp. 3000

– per lembar + print = Rp. 4000

 ( Text +Chart/Tabel/Picture/dll)

– per lembar Rp 4000

–  per lembar + print = Rp. 5000

( Text Bhs. Inggris )

– per lembar Rp. 3500

 

PRINT

a) Print Text = Rp. 500,- / halaman
b) Print Warna = Rp. 1.000,- / halaman
Ada OngKirnya juga yaa.

Insya Allah kami jamin hasil rapi dan memuaskan!
Berminat? silahkan hubungi 🙂

CP:
08561964440
uccwaa@gmail.com

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Trims 🙂

Kuliah GRATIS Berkualitas?

August 29, 2012

This slideshow requires JavaScript.


Pada awalnya sebagian orang mungkin mengira zaman sekarang ini mana ada kuliah yang gratis, tapi jangan salah lho di Bogor EduCARE itu kita bisa mendapatkan pendidikan yang kualitasnya tidak kalah menarik dengan kampus-kampus umum yang lain, terlebih pendidikan agamanya yang cukup kental sehingga terbentuklah orang-orang yang siap terjun untuk bekerja di dunia luar.

Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan di kampus Bogor EduCARE ini, dan saya akan berbagi informasi gambaran mengenai Bogor EduCARE.

Bogor EduCARE adalah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Peduli Pendidikan Mandiri. Bogor EduCARE ini berlokasi di Jl. Cikiray Rt. 03 Rw. 06 Sukaraja Bogor. Berdirinya lembaga ini berawal dari keprihatinan Bp. Achamd Kalla mengenai kualitas karyawan diberbagai prusahaan yang kurang memiliki kemampuan bahasa Inggris dan komputer, sehingga muncul gagasan menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris dan komputer.

Di Bogor EduCARE mahasiswa tidak dibebani biaya apapun alias gratis atau BEASISWA PENUH (Full Schoolarship). Tetapi, prasangka ini hanya pada awalnya saja, saya pun sudah menjalaninya selama masa belajar setahun ini, selain mahasiswa diberikan beasiswa penuh  mahasiswa juga di bekali dengan kecerdasan intelektualnya saja namun kecerdasan spirituallah yang menjadi bekal kita kelak. Bekal yang insya Allah bermanfaat di dunia maupun di akhirat.

Fasilitas yang tersedia di Bogor EduCARE, diantaranya: ruang kegiatan belajar mengajar, adanya makan siang gratis, lab bahasa, lab komputer, masjid, toilet, perpustakaan, dll.

Proses belajar selama di Bogor EduCARE yaitu 18 bulan, 12 untuk masa kegiatan belajar mengajar di kampus, 2 bulan praktek industri, 4 bulan membuat laporan dan wisuda. Kuliah gratis di Bogor EduCARE pada akhirnya memang tidak bergelar, namun kualitas kemampuannya tidak jauh berbeda dengan lulusan   perguruan tinggi lain.

Beberapa lokasi gambar di Bogor EduCARE…

Kulit juga bisa mendengar

August 22, 2012

Image

Siapa bilang hanya telinga yang dapat mendengar? Ternyata kita juga bisa mendengarkan lewat kulit. Berdasarkan percobaan bersama para sukarelawan yang mendengarkan suku-suku kata tertentu, sementara udara diembuskan pada kulit mereka, terbukti bahwa otak manusia menerima dan menyatukan informasi dari berbagai indra untuk membentuk gambaran daerah sekitar.

Disandingkan dengan penelitian-penelitian baru lainnya, penemuan ini menyentil pandangan tradisional tentang cara kita mengamati sekeliling kita.

“Penemuan ini jauh berbeda dari pendapat-pendapat tradisional yang mengatakan bahwa karena kita punya mata maka kita pikir kita melihat informasi visual, dan karena punya telinga maka kita mendengar informasi audio. Pendapat ini agak menyesatkan,” kata peneliti Bryan Gick dari Universitas British Columbia, Vancouver.

“Penjelasan yang lebih tepat adalah karena kita punya otak maka kita bisa mengamati, bukan karena kita punya mata dan telinga untuk melihat dan mendengar.”

Dengan kemampuan seperti ini, Gick memandang manusia sebagai “alat pengamat dengan seluruh tubuh”.

Penelitian ini, yang dibiayai oleh Natural Sciences, Dewan Ilmu Teknik Kanada dan Institut Nasional Kesehatan (Kanada), dijabarkan dalam jurnal Nature edisi 26 November.

Cara pengamatan kita

Hasil kerja Gick berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kita bisa melihat suara dan mendengar cahaya, walaupun kita tak menyadarinya. Menurut Gick, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa, bila kita mengamati bibir orang lain bergerak dan kita menyangka orang itu berbicara, maka daerah pendengaran otak kita menjadi aktif.

Para ilmuwan menjelaskan kemampuan pengindraan seperti itu sebagai hasil dari pengalaman. Karena kita sering melihat dan mendengar orang berbicara, selayaknya kita belajar menyatukan yang terlihat dengan yang terdengar.

Penjelasan alternatifnya ialah adanya suatu kemampuan tersembunyi. Maka dari itu, Gick dan koleganya, Donald Derrick, yang juga dari Universitas British Columbia, mempelajari dua indra yang biasanya tidak disandingkan, yaitu pendengaran dan peraba, untuk melihat dasar dari persepsi.

Bagaimana kulit mendengar

Tim penelitian melakukan fokus pada suara-suara yang mengeluarkan embusan napas ketika diucapkan, seperti “pa” dan “ta”, dan juga suara-suara tanpa embusan, seperti “ba” dan “da”.

Para partisipan yang matanya ditutup mendengarkan suara pria yang mengucapkan keempat suku kata itu dan harus menekan tombol untuk menjawab, apakah suara yang mereka dengar itu “pa”, “ta”, “ba”, atau “da”. Para partisipan terbagi dalam tiga kelompok, masing-masing 22 orang. Grup pertama mendengarkan semua suku kata itu sementara udara diembuskan ke tangan mereka. Grup kedua dengan hembusan ke leher. Adapun grup ketiga tanpa embusan sama sekali.

Sekitar 10 persen dari total kejadian adalah, ketika udara diembuskan ke kulit, para partisipan salah menebak suku kata yang mestinya tidak berembusan sebagai yang berembusan. Jadi, ketika “ba” diucapkan, partisipan yang menerima embusan udara mengira mereka mendengar “pa”. Grup pengendali tidak menunjukkan terjadinya salah tangkap seperti itu.

Penelitian lanjutan, saat para partisipan disentuh kulitnya, bukan diembuskan udara, menunjukkan bahwa tak terjadi kesalahan antara suara yang memiliki embusan atau tidak.

Selanjutnya, Gick sedang bekerja dengan sejumlah ilmuwan dari Universitas California, San Fransisco, untuk menemukan bagaimana otak bisa menyatukan berbagai indra.

Sumber: http://alfretprio.blogdetik.com/category/pengetahuan-umum/

Tipe seperti apakah kita?

August 21, 2012

Setelah saya mengikuti tes tipe kepribadian manusia di kampus saat itu, saya baru tau kalau ada 4 tipe manusia ternyata, semuanya itu sungguh unik dan berbeda-beda coba kalau sama betapa bosannya kita menemui orang-orang yang sama karakternya dengan kita. Dalam hal ini saya akan mendeskripsikan tipe-tipe kepribadian manusia menurut pembagian: Melankolis, Plegmatis, Sanguinis dan Koleris. Yuk kita bahas…

Image

Melankolis – Si Sempurna

Image

Tipe melankolis ini adalah tipe orang yang pemikir, teratur, sensitif, tapi romantis lho, maka berhati-hatilah dengan si sempurna ini.. bukan berarti menakutkan yaa. Selain teratur, melankolis itu tipe orang yang berempati, tak jarang jika ada teman yang sedang dilanda masalah si sempurna ini yang setia mendengarkan curahan curahan hati seseorang, bakat perfeksionisnya ini lho kadang yang bikin orang merasa heran kenapa harus sebegitu sempurnanya, hehe 😀
Salutnya tipe melankolis ini suka sekali berkorban, bahkan mengorbankan diri untuk orang lain. Sisi negatifnya dia begitu sensitif dan mudah tersinggung, ya maklum namanya juga melankolis 🙂

Melankolis umumnya tertutup, sering menutup diri dari teman-temannya jika hatinya sedang gundah gulana alhasil orang-orang yang berada disekitarnya merasa bingung dan merasa aneh. Mereka suka meremehkan kemampuan sendiri, padahal belum tentu apa yang dia kerjakan itu buruk ya ngga 🙂

Plegmatis – Si Pencinta Damai

 Image

Orang-orang plegmatis merupakan teman yang menyenangkan dan tidak menakutkan, tetapi mereka cenderung lebih bisa membawa suasana yang menyenagkan. Pribadinya tenang dan penyabar, dan terlihat kalem, tidak ingin membawa diri dalam konflik terutama konflik dalam dirinya sendiri alias simple kali yaa..

Tipe plegmatik adalah orang yang cenderung tenang, dari luar cenderung tidak beremosi, tidak menampakkan perasaan sedih atau senang. Plegmatis ini cenderung bisa menguasai dirinya, selalu berpikir lebih dalam dan senang memikirkan hal-hal yang ada disekitarnya.

Kelemahan orang plegmatik adalah simple, ia cenderung mau ambil mudahnya, tidak mau susah, sehingga suka mengambil jalan pintas yang paling mudah dan gampang. Dan yang lebih lucu lagi orang plegmatis itu diketahui follower alias pengikut, tidak memiliki pendirian yang kuat selalu ingin sama mungkin karena cinta damai mungkin yah..

Sanguinis – Si Penghibur

Image

Naah ini dia si penghibur, dalam kutip positif lho yaaa
Tipe sanguinis ini senang dengan yang namanya menghibur orang lain, suka berada dalam keramaian, dan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Tetapi tipe sanguinis ini merupakan tipe yang sangat terbuka dibandingkan dengan tipe-tipe yang lain, rrang sanguinis biasanya bukan pemikir berat , mereka menafsirkan kejadian –kejadian yang ada dengan cepat.

Sanguinis juga merupakan orang yang gembira, yang senang hatinya, mudah untuk membuat orang tertawa, dan bisa memberi semangat pada orang lain. Tapi kelemahannya adalah dia cenderung impulsive, yaitu orang yang bertindak sesuai emosi atau keinginannya. Tidak memikirkan resiko yang akan terjadi kedepannya.

Si superstar ini sangat easy going dalam bergaul, senang dipuji, tidak mudah marah, senang dipuji,karena apa-apa yang dia lakukan terkadang dia lakukan secara spontan. Keistimewaannya adalah tidak senang menyimpan dendam dalam hatinya. 🙂

Koleris – Si Kuat

Image

Si koleris ini memang senang memerintah dan mengatur orang lain, karena dia ngga mau ada orang lain berdiam diri sedangkan dia berkatifitas sendiran. Si kuat ini suka akan tantangan, suka berpetualang, dan terkadang tegas. Dia juga fokus dalam mencapai apa yang diinginkan tidak mudah goyah dalam melakukan sesuatu, dan selalu pantang menyerah.

Sisi negatifnya, mereka orang yang tidak sabaran, segalanya harus cepat karna memang sifat keproduktivitasnya yang tinggi. mereka juga gampang sekali marah, dan suka berprilaku kasar. Jadi kalau ada temen kerjanya uring uringan, suka berkata kasar dan gampang marah, dialah Koleris (tetapi tidak semuanya lho).

Sifat kepemimpinannya terkadang membuat orang lain mau diajak bekerjasama dengannya, senang menjadi motivator dan selalu ingin berbagi semangat terhadap orang- orang yang ada disekitarnya. Si koleris ini sedikit mirip dengan sanguinis mereka mudah bergaul dan optimis. Mereka juga bisa berkomunikasi dengan baik dan terbuka dengan orang lain, tipe seperti ini memang cocok menjadi leader atau pemimpin. 🙂

Tidak selalu satu tipe akan terus melekat pada diri seseorang, ada kalanya kita berada dalam tipe yang kita miliki terkadang kita bisa menjadi tipe yang lain, tergantung kita membawakan diri kearah yang lebih baik atau tidak. So, jangan khawatir dengan tipe yang kita miliki karena dari semua tipe yang kita millikAi itu mempunyai kekuatan dan kelebihan masing-masing. So, be your self aja lah! 🙂

ichapedeh

Hidup itu indah

Bagindang

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Djames Blog

the right way to do business, get the health and well-being.

abdulmazidperfume

A great WordPress.com site

Dunia Masa Depan

Blog Masa Depan

Hai, its my word!

Im what i want choose to be

Perjalanan Menuju Sukses Dunia Akhirat

saya ingin berbagi pengalaman hidup saya dengan orang lain, siapa tau bisa menginspirasi anda ^ _.^

agus's blog

sharing n learning

shieciwex

A fine WordPress.com site

On the repair

A place where JKT48 improves your life

Sang Pengkhayal

"Sebuah hal yang mustahil ada karena sebuah khayalan."

Nilam Cahya

"Dream, Pray , and Action "

Reza Fahlevi Nak Rantau

Belajar dari hal yang Kecil untuk Sukses

RONALDO

Puisiku

aderosmeilina

A great WordPress.com site

amadyahye punye cerite

all about something new

Reza Fahlevi Nak Rantau

Belajar dari hal yang kecil untuk jadi sukses